Aklimatisasi : Pentingkah Bagi Produk Lantai Kayu Laminate / Parket

Lantai Kayu Laminate dan HDF

Lantai Laminasi / Lantai Kayu Laminate / Laminated Flooring / Parket sejatinya tetap memiliki unsur kayu didalamnya, yaitu pada lapisan base yang biasanya terbuat dari HDF (High Density Fiberboard). HDF merupakan salah satu jenis produk komposit yang terbuat dari partikel-partikel kayu yang disatukan dengan perekat sintetis.

lapisan lantai kayu laminate
Lapisan HDF pada sebuah plank lantai kayu laminate.

Semua kayu, termasuk HDF, memiliki pori-pori meskipun sangat kecil yang mungkin hanya terlihat dibawah mikroskop. Pori-pori kecil ini menjadi celah bagi keluar masuknya udara dari kayu ke lingkungan dan sebaliknya. Udara yang keluar masuk tersebut akan membawa kadar kelembaban tertentu sesuai dengan lingkungan dimana kayu tersebut berada.

serat kayu lantai kayu laminate
Serat kayu dan pori-pori besarnya.

Pada sebuah plank lantai laminasi / laminated flooring, pengaruh perubahan kelembaban udara dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut :

  • Semakin tinggi kelembaban lingkungan, maka semakin besar kemungkinan plank lantai laminasi akan memuai (membesar jika diukur secara mikroskopis)
  • Semakin rendah kelembaban lingkungan, maka semakin besar kemungkinan plank lantai laminasi akan menyusut dari ukuran semula

Meskipun muai susut yang terjadi sangat kecil sekali, namun pada kasus yang banyak ditemui, sudah cukup untuk membuat plank lantai laminasi menjadi melengkung ataupun memunculkan celah antar plank.

Aklimatisasi

Aklimatisasi adalah suatu proses untuk menyesuaian diri terhadap iklim lingkungannya. Aklimatisasi memungkinkan plank untuk menyesuaikan suhu dan kelembabannya yang identik dengan kondisi ruangan di mana lantai laminate / parket akan dipasang. Setelah aklimatisasi, lantai laminate / parket akan berada pada kondisi yang seragam dengan lingkungan barunya. Jadi bisa disimpulkan bahwa proses aklimatisasi ini sangatlan penting untuk dilakukan sebalum proses pemasangan lantai laminate. Beberapa pabrikan lantai laminate bahkan membatalkan garansi produknya apabila proses aklimatisasi ini tidak dilakukan.

Lalu bagaimanakah cara melakukan aklimatisasi yang benar?

Cara melakukan aklimatisasi yang benar

Letakkan produk lantai laminate/ parket yang akan dipasang kira-kira di tengah ruangan. Produk lantai laminate diletakkan dalam keadaan masih di dalam kardus. Kardus dan plastik pembungkus kardusnya (shrink wrap) tetap dalam keadaan tertutup.

pemasangan lantai kayu laminate parket
Proses aklimatisasi. Pic: wikihow. com

Usahakan posisi produk tidak terlalu dekat dengan tembok eksterior. Biarkan produk didalam ruangan tersebut selama satu sampai dua hari (sebagai panduan bisa di cek petunjuk dari pabrikannya).

Apabila proses aklimatisasi ini dilakukan sesuai petunjuk, lantai kayu cantik ruangan Anda akan kecil berpotensi terjadi masalah yang disebabkan faktor perubahan suhu dan kelembaban dikemudian hari.

Bagi Anda yang berencana membeli lantai kayu laminate, silakan klik disini untuk melihat koleksi terbaik kami dan dapatkan promo spesial price dari kami.

Sc: swisskronousa. com, wikihow. com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *